Terkait BPNT, Sekda Minta Penyaluran Berjalan Lancar dan Tepat Sasaran

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman membuka Rapat Koordinasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aula Dinsos, Cisaat, Rabu 15 Maret 2023.

Subkor Jamsos dan PEM Iwan Trianto  mengatakan ada beberapa hal penting yang akan dibahas dalam rakor diantaranya  permasalahan bantuan pangan yang sudah turun dan untuk mendapatkan masukan penyempurnaan BNPT di Kab Sukabumi juga  meningkatkan pemahaman dan monitoring BPNT.

Sekda dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penyaluran program sembako atau lebih dikenal dengan bansos BPNT tersebut, telah diatur dalam Permensos no 5/2021tentang pelaksanaan program sembako, bantuan tersebut merupakan bantuan Sosial yang disalurkan secara non tunai  dari Pemerintah kepada KPM ( Keluarga  Penerima Manpaat ).

” Setidaknya ada 4 hal maksud dan tujuan bansos pangan ini, Pertama mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Kedua memberikan gizi yang lebih seimbang kepada keluarga penerima manpaat Ketiga meningkatkan sasaran ,waktu, jumlah, harga, kualitas dan Administrasi” jelasnya.

Sementara yang Keempat, lanjut Sekda adalah memberikan pilihan dan menjadi kendali kepada keluarga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Oleh karena itu saya minta agar semua unsur terkait Melakukan Pengelolaan yang tepat sasaran, menjadikan masyarakat yang berhak bisa memanfaatkan bantuan ini dengan baik,” ujarnya.

Hadir Pada Acara tersebut unsur Kejaksaan Cibadak, Polres Sukabumi, BNI 46 Bandung dan PT.Pos Indonesia.

Terpisah Pemerhati Sosial Sekaligus Ketua Dewan Pembina Kowasi H.Budi Widaya ketika diminta tanggapanya kaitan seputar BPNT di Kabupaten Sukabumi, dirinya berharap kedepan segala bentuk penyaluranya harus benar transparan, dan juga tepat sasaran. 

Adapun mekanismenya, jangan ada lagi sistim kolektif dan pastikan kondisi barang kebutuhan pokoknya masih layak untuk di konsumsi, pungkasnya. 

D2**