Diklat Asesor, Sekda Sebut SPIP Wujudkan Pemerintah yang Baik dan Profesional

MATANUSA.NET SUKABUMI –

Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi Ade Suryaman membuka Diklat Asesor dan Penjaminan  Kualitas Atas Pelaksanaan SPIP Terintegrasi dilingkup Pemkab Sukabumi, di Hotel Augusta, Senin 13 Maret 2023.

Dalam laporannya Inspektur Kab Sukabumi H.Komarudin menyampaikan bahwa diklat bertujuan untuk penguatan pengetahuan memadai bagi tercapainya penyelenggaraan SPIP yang baik dan profesional.

” SPIP terdiri atas unsur lingkungan pengendalian; penilaian risiko; informasi dan komunikasi; serta pemantauan pengendalian intern” jelasnya.

Sementara itu, Sekda menyebutkan bahwa penyelenggaraan SPIP merupakan amanah dari PP no 60/2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP ) Yang mewajibkan setiap Instansi Pemerintah, baik pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk melakukan pengendalian atas kegiatan penyelenggaraan kegiatan Pemerintah yang Efektif dan Efisien.

” Sehingga pengendian internal  harus menjadi budaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih” ungkapnya.

Karena itu,lanjut Sekda, Pemerintah Kab Sukabumi menyambut baik adanya kegiatan pendidikan dan  bimbingan teknis  ini dengan harapan mampu meningkatkan pemahaman para  asesor dan  penjamin kualitas agar mampu memetakan atau menilai tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP di unit kerjanya masing masing  maupun di Pemerintah Kab Sukabumi.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

melalui perencanaan dan proses pelaksanaanya yang berkualitas” pungkasnya.

Red/D2**