24 C
id

BUMDes Merupakan Faktor Keberhasilan Ekonomi Desa,Bagaimana Mengatasinya ?

Kepala Desa Pondok kaso tonggoh Hendi.
(Foto : Andy/Yahya)

SUKABUMI MATANUSA  -

Membangun Indonesia sudah barang tentu adalah kewajiban kita sebagai masyarakat,untuk mewujudkan negara yang maju.Pemerintah melalui UU Desa sudah gencar melakukan penyuluhan tentang dana desa dan bagaimana cara mengelolanya.

Desa Pondok kaso Tonggoh,Kecamatan Cidahu,kabupaten Sukabumi,merupakan salah satu desa yang ingin mewujudkan wilayah nya menjadi desa yang kreatif ,inovatif dan mandiri.Namun ternyata bagaimana hal tersebut dapat diwujudkan,pasalnya dinilai masih ada ditemukanya pemikiran masyarakat bahwa keberhasilan sebuah kepala desa dilihat dari banyaknya  jumlah pembangunan infrastruktur yang dikerjakan atau di dapatkan saat menjabat kepala desa,ungkap Hendi yang akrab disapa Openg kepada matanusa.

Baca Juga:September 2020,BPS Canangkan Kesiapan.

BUMDes merupakan faktor penunjang keberhasilan ekonomi desa,bagaimana ? menyikapinya dengan membentuk karakter SDM.

Adv.

Lanjut,Openg dengan lahirnya UU Desa No 6 Tahu 2014,dirinya melihat sudah ada desa yang sukses dalam mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah dibangun,namun disisi lain masih banyaknya Bumdes yang dinilai belum sukses salah satunya adalah Desa yang dipimpinya. menurutnya salah satu untuk menjadikan Bumdes di Desa Pondok kaso Tonggoh berhasil adalah ,dengan di optimalkanya Sumber Daya manusianya (SDM),tuturnya,Selasa (1/9/20).

Lebih lanjut,Ia mengakui keadaan di wilayah Desa Pindok kaso tonggoh terkait SDM belum dapat dilakukan.sampai dengan berita ini turun openg terus akan menggalakan bagaimana cara emajukan dan mengoptimalkan peran Bumdes dengan SDM yang mumpuni. 


"Menurutnya, peningkatan kualitas SDM untuk BUMDes nantinya bakal terarah dalam pengelolaannya dan tepat sasaran".

Selain peningkatan SDM,faktor lain yang menjadi tantangan mengelola BUMDes, besaran anggaran yang dialokasikan pastinya harus sesuai,jenis usaha yang teruji dan kreatif,memberikan pembelajaran atau praktek bagaimana dalam mengembangkan dan mengelola ekonomi online,Jelasnya.

Laporan : D2/Red


Print Friendly and PDF
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4